REFLEKSI PERJALANAN 2019 DAN RESOLUSI 2020

PUSAT TEKNOLOGI LINGKUNGAN

 

Sejak dilakukannya refocusing kegiatan pada tahun 2016, Pusat Teknologi Lingkungan (PTL) memiliki semangat untuk melakukan perubahan mendasar dalam filosofi kerekayasaan. Kegiatan inovasi dan layanan difokuskan pada 3 (tiga) kegiatan utama yang diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata bagi lembaga, masyarakat, dan bangsa negara. Kegiatan kerekayasaan diarahkan pada kegiatan Persampahan, Monitoring Lingkungan, dan Air Bersih. Dalam perjalanannya, PTL selalu menekankan pada filosofi “Kerja Nyata”, yang dimanifestasikan dalam sikap “Inovasi dan Layanan Teknologi yang Dapat Diaplikasikan Secara Nyata”. Filosofi ini sejalan dengan arahan kebijakan BPPT yang menekankan pada upaya hilirisasi inovasi teknologi sebagai penghela pertumbuhan ekonomi nasional.

Tahun 2019 menjadi sebuah tahun dengan tantangan yang semakin berat, yaitu tahun akhir dalam rangkaian Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN) 2015-2019. PTL diharapkan tidak hanya menghasilkan inovasi dan layanan, namun juga mampu mengintegrasikan capaian inovasi beberapa tahun terakhir menjadi sebuah inovasi atau layanan teknologi yang siap diaplikasikan dan memberikan kontribusi secara ekonomi. Sebagai bentuk komitmen akan filosofi kerekayasaan, pada tahun 2019 PTL telah melakukan hilirisasi 2 (dua) buah inovasi teknologi yaitu teknologi Air Siap Minum (Arsinum) dan teknologi Online Monitoring Kualitas Air (OnLimo). Kedua teknologi tersebut selama ini telah mendapatkan apresiasi dan dukungan lembaga-lembaga terkait seperti Kementerian LHK, KemenPUPR, dan DPR RI. Tidak hanya berhenti pada upaya komersialisasi, capaian inovasi dan layanan teknologi lainnya yang layak mendapatkan apresiasi di tahun 2019 meliputi;

a. Inovasi Pilot Project Pengolahan Sampah Proses Termal kapasitas 100TPD ~ 700kW. Pilot project ini dapat dikatakan sebagai kunci bagi masa depan teknologi pengolahan sampah kota di Indonesia. Betapa tidak, PLTSa Bantargebang adalah sebuah ajang pembuktian kualitas dan kemampuan penguasaan teknologi dalam negeri dalam mewujudkan sebuah pembangkit listrik tenaga sampah pertama di Indonesia, yang pada tahap selanjutnya mengantarkan BPPT sebagai lembaga rujukan teknologi persampahan pada proyek sejenis.

b. Layanan teknologi lingkungan skala nasional dan global; AMDAL Kawasan Pariwisata Strategis Nasional , AMDAL Proyek Transportasi Strategis Nasional, dan Layanan Diseminasi Teknologi untuk Masyarakat dan Daerah Bencana. Melalui berbagai layanan tersebut, PTL telah membuktikan kontribusinya sebagai salah satu unit kerja yang secara aktif berkontribusi bagi kegiatan strategis nasional.

c. Role model pengembangan SDM pegawai muda. Sebagai sebuah unit kerja yang adaptif, PTL mencoba menyesuiakan model pembinaan SDM dengan budaya kekinian, yang tercermin melalui semangat kolaboratif millennial. Dalam pelaksanaannya, PTL berupaya mengedepankan pengembangan talenta staff muda melalui berbagai kegiatan pelatihan dan peningkatan kapasitas skala global. Dalam konteks ini, PTL memiliki prinsip “tiada tahun tanpa tugas dan pelatihan ke luar negeri bagi staff muda potensial”. PTL juga tidak segan memberikan challenge project bagi CPNS untuk mampu menunjukkan kemampuannya dalam inovasi teknologi yang sesuai dengan permasalahan saat ini.

d. Kualifikasi dan Komposisi SDM yang handal. Hingga akhir tahun 2019, PTL setidaknya masih menjadi unit kerja yang memiliki kualifikasi S-3 terbesar di tingkat kedeputian TPSA. Selain itu, PTL juga memiliki komposisi Perekayasa dan Peniliti yang relatif seimbang, sehingga diharapkan mampu bersinergi dalam menghasilkan inovasi dan layanan teknologi lingkungan.

Terlepas dari semua pencapaian dan keberhasilan di tahun 2019, tantangan yang semakin berat di tahun 2020 telah menanti. Tidak hanya pada aspek pemecahan isu lingkungan, namun juga factor birokratis akan adanya penyesuaian nomenklatur kelembagaan juga harus disikapi secara bijak. PTL harus mampu berkarya untuk lembaga, masyarakat, bangsa dan negara. Resolusi PTL menapaki tahun 2020 tidak hanya difokuskan pada aspek teknologi, namun juga pengelolaan SDM dan organisasi.

a. PTL akan terus mengembangkan teknologi-teknologi yang bernanfaat langsung untuk masyarakat dan lingkungan. Beberapa contoh target kegiatan PLT dalam rangkaian RPJMN 2020-2024 antara lain PLTSa skala besar, circular economy sampah, pengembangan incinerator kecil ramah lingkungan, penanganan sampah laut, penanganan limbah elektronik dll.

b. PTL akan terus melakukan hilirisasi inovasi teknologi sebagai amanat dari kebijakan BPPT untuk menjadikan inovasi teknologi sebagai penghela pertumbuhan ekonomi nasional. Selain itu, PTL juga akan berupaya untuk terus mengenalkan hasil inovasi dan layanan teknologi karya anak bangsa melalui berbagai media, business gathering, eksebisi, seminar, dll

c. PTL akan terus mengembangkan dan memperluas jejaring kerjasama dengan berbagai institusi di dalam dan luar negeri. Kegiatan ini dilakukan dengan semangat untuk terus berinovasi dan mengejar penguasaan teknologi.

d. PTL akan terus melakukan pembinaan dan pengembangan SDM yang kompetitif terhadap perkembangan zaman. PTL memiliki target sebagai donor dalam upaya pemenuhan jumlah minimal pegawai dengan kualifikasi pendidikan S-3 15% di BPPT. PTL telah menyiapkan rencana belajar bagi staff muda potensial pada kurun waktu 2020-2024.

Untuk dapat mencapai target tersebut, PTL terus menjaga dan meningkatkan kekompakan serta semangat kerja antara pimpinan dan semua staf. PTL terus bekerjasama dan sama-sama bekerja dengan dilandasi semangat BPPT SOLID SMART SPEED…!



Jakarta, Januari 2020

Direktur Pusat Teknologi Lingkungan

Dr. Ir. Rudi Nugroho, M.Eng








BPPT Luncurkan Laboratorium Uji Polutan Penyebab Kanker

Laporan Mingguan - 6 Maret 2020

Berita, Tanggal 2019-01-10
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) meluncurkan laboratorium uji polutan penyebab kanker. Deputi Teknologi Pengembangan Sumberdaya Alam BPPT Hammam Riza mengatakan Indonesia berupaya untuk terbebas dari polutan penyebab kanker.Diantara zakat yang menyebabkan kanker salah ... (selengkapnya ...)
Laporan, Tanggal 2020-03-06
Pada hari Kamis s.d. Jumat 5/6 Maret 2020. DIr PTL didampingi oleh Dr. Agung Riyadi menghadiri peringatan hari peduli sampah nasional 2020 yang dilaksanakan di Labuan Bajo NTT. Kegiatan ini diselenggarakan oleh KLHK yang bertemakan peduli sampah laut ini diikuti 10.000 peserta ini ari berbagai kalangan berpartisipasi dalam (selengkapnya ...)