LAPORAN MINGGUAN
PUSAT TEKNOLOGI LINGKUNGAN


6 Maret 2020


Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2020


Pada hari Kamis s.d. Jumat 5/6 Maret 2020. DIr PTL didampingi oleh Dr. Agung Riyadi menghadiri peringatan hari peduli sampah nasional 2020 yang dilaksanakan di Labuan Bajo NTT. Kegiatan ini diselenggarakan oleh KLHK yang bertemakan peduli sampah laut ini diikuti 10.000 peserta ini ari berbagai kalangan berpartisipasi dalam mengumpulkan sampah di 5 titik Labuan Bajo. Kegiatan ini dihadiri oleh Menkomarves Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri LHK Siti Nurbaya, perwakilan K/L terkait, Wakil Gubernur NTT, perwakilan pemerintah daerah serta masyarakat umum lainnya.
Dalam kegiatan ini PTL turut berpartisipasi dalam kegiatan pameran yang menampilkan inovasi teknologi pengolahan sampah dari yang paling sederhana berupa pemilahan hingga Pilot Project PLTSa Bantargebang. Dir PTL melaporkan pula perkembangan operasional Pilot Project PLTSa Bantargebang, serta rencana kegiatan pembangunan Incinerator Modular yang bekerjasama dengan KemenPUPR untuk 5 (lima) daerah wisata prioritas yang salah satunya Labuan Bajo.



Rapat Koordinasi Pemilihan Alternatif Solusi/Teknologi Pengolahan Oil Spill


Pada Hari Selasa 3 Maret 2020, Nida Sopiah, M.Si mewakili PTL menghadiri Rapat Koordinasi Pemilihan Alternatif Solusi/ Teknologi Pengolahan Oil Spill di Gedung Kemenkomaritim lantai 8. Acara Rakor dibuka oleh Asdep Sahat Pangabean yang menyampaikan terkait kasus/ permasalahan tumpahan minyak di kepulauan Riau yang terjadi sejak tahun 1970 yang sampai saat ini belum diketahui pelaku pembuangan minyak tersebut.
Jumlah oil sludge yang sudah dikumpulkan sebanyak 90 -100 ton terdiri dari oil sludge murni dan oil sludge bercampur pasir. Pada Rakor ini masing masing instansi memaparkan hasil kerja/riset yang telah dilakukan terkait penanganan oil spill. Dari BPPT menyampaikan teknologi yang telah diterapkan di lapangan yaitu biorremediasi dan fitoremediasi di Chevron serta riset yang telah dilakukan dalam penangan oil spill di perairan. Solusi yang ditawarkan BPPT untuk menangani masalah oil sludge adalah recovery oil sludge dengan cara pemanasaan untuk mengubah viskositas crude oil atau dilakukan proses ekstraksi. Perwakilan Lemigas menyampaikan teknik yang mirip disampaikan BPPT, Lemigas menyebutnya Hydrocarbon infected Soil Treatment.
Paparan terakhir disampaiakan dari KLHK yang menyampaikan regulasi terkait pemulihan lingkungan dengan mengacu kepada PermenLHK no 101/2018. Dimana diperlukan Dokumen rencana Pemulihan Fungsi Lingkungan Hidup, yang mana diperlukan data data terkait luasan cemaran,teknologi yang akan diterapkan harus ramah lingkungan. Dari Paparan tersebut diperoleh beberapa solusi teknologi yang memungkinkan untuk diterapkan pada uji coba di lapangan di Bintan 20 Maret 2020.



Kuliah Umum Penerima Nobel Kimia 2016


Dalam rangka berbagi informasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta meningkatkan kualitas penelitian dan publikasi ilmiah yang dihasilkan oleh akademisi, peneliti, perekayasa, dan para pegiat iptek di Indonesia, Kemenristek/BRIN menyelenggarakan kegiatan kuliah umum dengan narasumber utama Penerima Nobel Bidang Kimia Tahun 2016, Prof. Bernard L. Feringa dari University of Groningen, Netherland pada hari Selasa 3 Maret 2020 di Auditorium BJ Habibie.
PTL mengirimkan wakilnya antara lain Dr. Ikbal, Ir. Taty Hernaningsih, dan beberapa fungsional madya lainnya. Acara kuliah umum ini di hadiri Menteti Rustek/BRIN dan presentasi oleh penerima Nobel Kimia judul "for the design and synthesis of molecular machines" tahun 2016, Bernard L Feringa (Profesor di bidang kimia organik Universitas Gronigen). Prof. Bernard L. Feringa mengembangkan 'worlds smallest machine" yaitu tiny lift, artificial muscles and minuscule motor. Molekul yang dikembangkan gerakannya terkendali dengan diberikannya energi. Tahun 1999 telah membuat rotor molekul untuk molekul utk berputar terus kearah yg sama dan juga mendesain nano-car. Penemuannya mengarah ke teknologi mini dan bidang dimensi kimia yang baru.



Bimbingan Teknis SIDUPER 2020


Pada hari Selasa 3 Maret 2020, PTL mengirimkan 40 orang perekayasa untuk menghadiri kegiatan Bimbingan Teknis SIDUPER yang diselenggarakan oleh Pusbindiklat BPPT di Aula Gd Pusat Inovasi Teknologi BPPT Serpong. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Pusbindiklat yang dalam pengantarnya menyampaikan bahwa pengajuan berkas Kerekayasaan pengajuan Bulan April 2020 menggunakan aplikasi SIDUPER. Selanjutnya Deputi TPSA yang diwakili oleh Dir PTRRB menyampaikan bahwa penggunaan sistem SIDUPER merupakan bentuk reformasi birokrasi.
Bimbingan teknis SIDUPER dibawakan oleh Huda Elmantsani, M.Si dari Pusbindiklat. Penggunaan SIDUPER ini memberikan kemudahan-kemudahan dalam penyusunan dokumen kerekayasaan berupa kemudahan mencicil berkas, terhubung langsung antar personel, paperless, dll. Secara umum proses bisnis SIDUPER adalah sekretariat unit kerja mengusulkan dupak kepada sekretariat instansi. Kemudian sekretariat instansi menerima berkas kemudian disampaikan kepada tim penilai untuk memerikan rekomendasi. Tim penilai menyampaikan berkas kepada sekretariat pusat (pusbindiklat) untuk merekap hasil tim penilai untuk menerbitkan PAK. Tugas dari sekretariat unit kerja dan operator OFK adalah : (1) memasukkan data staf perekayasa yang terlibat dalam sebuah program, (2) menggungah Program Manual dan SK dari kegiatan perekayasaan, (3) selanjutnya para staf perekayasa bisa langsung mengajukan DUPAK sesuai dengan masa penilaian yang akan diajukan, dan mengunggah bukti-bukti dari kegiatan kerekayasaan yang akan dinilaikan.