RESOLUSI 2019
DIREKTUR PUSAT TEKNOLOGI LINGKUNGAN

Para pembaca dan pemerhati website Pusat Teknologi Lingkungan, saya selaku Direktur Pusat Teknologi Lingkungan (PTL) mengucapkan Selamat Tahun Baru 2019 semoga semua harapan dan keinginan yang dicita-citakan akan dapat tercapai di tahun ini.

Dengan semangat dan kerja keras, PTL telah melewati berbagai tantangan di tahun 2018 lalu. Berbagai layanan, inovasi dan kreasi telah dihasilkan untuk mendukung program pemerintah dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan yang menjadi salah satu tujuan dalam dokumen Sustainable Development Goals (SDGs). Dokumen ini mencakup 17 tujuan dengan 169 capaian untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan, diantaranya adalah tujuan SDGs ke 6: menjamin akses air bersih dan sanitasi yang layak, dan tujuan SDGs ke 9: infrastruktur yang kuat, industrialisasi berkelanjutan dan inovasi.

Untuk mendukung pencapaian kedua tujuan SDGs ini, pada tahun 2018 dan tahun-tahun sebelumnya PTL telah berkontribusi dalam pembangunan pilot project Instalasi Pengolahan Air siap minum bagi masyarakat yang ditempatkan diberbagai lokasi di Indonesia. Pembangunan pilot project ini sekaligus mendukung pencapaian RPJMN 2015-2019 yakni tercapainya 100% akses air minum yang layak bagi masyarakat. PTL juga telah membangun Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) baik untuk industri maupun perkantoran menggunakan teknologi unggulan BPPT di beberapa lokasi, serta pilot project pemantauan kualitas lingkungan air dan udara perkotaan.

Selain itu, PTL juga telah melaksanakan beberapa aktivitas kaji terap lainnya dalam bidang teknologi lingkungan. Berbagai inovasi baru dalam bidang teknologi lingkungan juga telah diraih PTL pada tahun lalu, dari yang paling besar yaitu pembangunan Pilot Project Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa), inovasi unit pengolah air siap minum bergerak (Mobile Arsinum) hingga inovasi teknologi pengolahan air siap minum yang kaya akan sentuhan IT (ARSINUMLite). Pembangunan PLTSa merupakan metoda alternatif yang bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan sampah perkotaan melalui pemusnahan sampah secara cepat, signifikan dan ramah lingkungan. Pembangunan ini telah dilaksanakan sejak tahun lalu dan akan mulai dioperasikan pada tahun 2019 ini. Demikian halnya inovasi Mobile ARSINUM, telah diaplikasikan dan dirasakan manfaatnya dalam membantu penyediaan air minum bagi masyarakat terdampak gempa di Lombok dan Palu melalui kegiatan Bakti Sosial dan Bakti Teknologi BPPT.

Dengan dukungan 100 sumber daya manusia yang kompeten dalam berbagai bidang keahlian, terdiri dari para peneliti, perekayasa dan fungsional lainnya. Pada tahun 2019, PTL berkomitmen untuk terus "berlari mengejar prestasi" melalui hilirisasi inovasi, teknologi, serta layanan untuk meningkatkan daya saing menuju kemandirian bangsa. Oleh karena itu, peningkatan kualitas sumber daya manusia menjadi perhatian utama PTL dalam upaya pencapaian tujuan di tahun 2019 maupun di tahun-tahun mendatang.

Terakhir, saya mengucapkan selamat mengawali aktifitas 2019 kepada semua pembaca, semoga Alloh SWT, Tuhan yang Maha Kuasa selalu meridhoi kita semua. Amiin.


Jakarta, Januari 2019

Direktur Pusat Teknologi Lingkungan

Dr. Ir. Rudi Nugroho, M.Eng








BPPT Luncurkan Laboratorium Uji Polutan Penyebab Kanker

Laporan Mingguan - 11 Januari 2019

Berita, Tanggal 2019-01-10
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) meluncurkan laboratorium uji polutan penyebab kanker. Deputi Teknologi Pengembangan Sumberdaya Alam BPPT Hammam Riza mengatakan Indonesia berupaya untuk terbebas dari polutan penyebab kanker.Diantara zakat yang menyebabkan kanker salah ... (selengkapnya ...)
Laporan, Tanggal 2019-01-11
Pada tanggal 10 Januari 2019, bertempat di gedung Geostek-820, PTL bekerja sama dengan United Nations Industrial Development Organization (UNIDO) dan Kementerian Lingkungan Hidup (KLHK) meluncurkan lab uji limbah polychlorinated biphenyls (PCBs). Melalui program hibah UNIDO menyediakan perangkat instrumentasi untuk analisis PCBs . . . (selengkapnya ...)