Tata Kelola Lingkungan

 

     

 

Bidang Teknologi Konservasi dan Pemulihan Kualitas Lingkungan merupakan bidang dalam Pusat Teknologi Lingkungan yang bertugas melakukan kajian mengenai penataan dan pengelolaan lingkungan binaan manusia. Perangkat teknologi yang telah dikaji dan diterapkan adalah :

  1. Teknologi Produksi Bersih Untuk Efisiensi Energi

Pengelolaan proses produksi di dalam industri untuk memperbaiki atau memodifi kasi proses produksi sehingga dapat menghemat bahan baku, mengurangi limbah serta dapat mengefisienkan energi, dengan tidak menurunkan kualitas dan kuantitas produk.

  1. Teknologi Simulasi Model dan Standarisasi Lingkungan

Alat bantu analisis bagi proses pengambilan keputusan dalam rangka mengoptimalkan pemanfaatan sumberdaya alam dan lingkungan, seperti sistem informasi geografi s (GIS) atau pemodelan sistem dinamik.

  1. Teknologi Pengelolaan Kualitas Perairan Tambak Udang (PROBIOTIK)

Perencanaan dengan pendekatan ekologis yang mengutamakan integrasi antara lingkungan binaan, lingkungan alam dan sosial masyarakat dalam upaya penyelesaian permasalahan lingkungan untuk meningkatkan kualitas dan kinerja lingkungan binaan. Eco disain yang telah dilakukan : eco industrial estate dan eco park.

 

 

 
     
     
     
 

Kontak Person :

Ir. Wihadja, M.Si.
Koordinator Kelompok

Pusat Teknologi Lingkungan TPSA BPPT
Lantai 3 Gd. Geotech, Kawasan Puspiptek, Serpong, Tangerang Selatan
Telp. 021-75791409