2017-12-14

Masyarakat Sudah Bisa Nikmati Arsinum TMSBK
Bukittinggi, KABA12.com — Penerapan teknologi pengolahan air siap minum (Arsinum) yang terletak di kawasan Taman Marga Satwa Budaya Kinantan (TMSBK) Bukittinggi diresmikan, Kamis (14/12). Teknologi air bersih siap mi-num ini tersedia berkat kerjasama komisi VII DPR RI, Pemerintah kota Bukit-tinggi dan Badan Peng-kajian dan Pe-nerapan Tekno-logi (BPPT). .... (selengkapnya ...)


2017-12-11

Dongkrak Perekonomian, BPPT Serahkan Bantuan Mesin Arsinum ke Yayasan At Tauhid
Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menyerahkan bantuan mesin pengola Air Siap Minum (Arsinum) ke Yayasan At Tauhid, Desa Kepuhkiriman, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo, Senin (11/12/2017). Penyerahan mesin bantuan Arsinum seharga Rp 250 juta itu, berkat bantuan Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Syaikhul Islam Ali..... (selengkapnya ...)


2017-09-16

SMK Al-Kahfi Kelola Air Minum Berkualitas Bantuan BPPT
SMK Al-Kahfi Kabupaten Sumbawa kini mengelola air bersih berkualitas. Hal ini setelah sekolah kejuruan berbasis pesantren di bawah naungan Yayasan Dea Mas tersebut mendapat bantuan peralatan senilai ratusan juta rupiah dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Dengan bantuan teknologi tersebut, Al Kahfi mampu memproduksi air siap minum dan air bersih 10 ribu liter per hari..... (selengkapnya ...)


2017-06-04

KLHK Galang Pembangunan Ekoriparian Ciliwung
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menggandeng beberapa lembaga untuk membangun Ekoriparian Ciliwung Srengseng Sawah sebagai upaya pelestarian dan perbaikan kualitas air Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung..... (selengkapnya ...)


2017-06-03

KLHK Mensosialisasikan Aplikasi E-Pelaporan B3 Kepada Industri
Kementerian Lingkungan dan Kehutanan (KLHK) pada tanggal 2 Juni 2017 bertempat di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta Pusat telah mensosialisaikan sekaligus melaunching aplikasi E-Pelaporan B3 Online kepada industri yang bergerak di bidang penggunaan B3 di Indonesia. Launching dilakukan oleh Direktur Jenderal PSLB3 dijanjutkan dengan acara demo penggunaan aplikasi yang dipandu oleh tim dari Pusat Teknologi Lingkungan, BPPT yang mengembangkan aplikasi ini..... (selengkapnya ...)


2017-05-17

KLHK Targetkan Pasang 16 Alat Pemantau Kualitas Air Online Hingga 2017
Kementerian Lingkungan dan Kehutanan (KLHK) menargetkan pemasangan 16 alat pemantau kualitas air melalui sistem online monitoring (onlimo) di 15 sungai di seluruh Indonesia pada tahun 2017. Direktur Pengendalian Pencemaran dan Air pada Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK Sri Parwati Murwati Budi Susanti mengatakan, hingga saat ini sudah terpasang 10 alat pemantau di lima sungai..... (selengkapnya ...)


2017-05-17

16 Jenis Industri Diwajibkan Memasang Sistem Pemantau Kualitas Air Online
Kementerian Lingkungan dan Kehutanan (KLHK) menargetkan pemasangan 16 alat pemantau kualitas air melalui sistem online monitoring (onlimo) di 15 sungai di seluruh Indonesia pada tahun 2017. Direktur Pengendalian Pencemaran dan Air pada Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK Sri Parwati Murwati Budi Susanti mengatakan, hingga saat ini sudah terpasang 10 alat pemantau di lima sungai..... (selengkapnya ...)


2017-05-17

Sensor di Saluran Pengeluaran Limbah Perusahaan Akan Diwajibkan
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berencana mewajibkan pemasangan sensor kualitas air bagi beberapa perusahaan yang membuang limbahnya ke sungai pada 2017 mendatang. Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK, Karliansyah mengatakan bahwa sensor tersebut nantinya akan diletakkan di saluran pengeluaran limbah perusahaan dan akan disegel. Selanjutnya KLHK akan menetapkan pihak yang melakukan kalibrasi dari sensor tersebut. “Kewajiban ini dilakukan agar KLHK bisa memantau pembuangan limbah perusahaan secara online,” kata Karliansyah di Jakarta, Jumat (01/04)..... (selengkapnya ...)


2017-05-14

Pemkab Lingga Temukan Solusi Untuk Manfaatkan Potensi Air
KBRN, Tanjungpinang :Setelah menggelar Focus Group Discussion (FGD) mengenai celah pemanfaatan potensi air baku yang melimpah di Kabupaten Lingga bersama sejumlah pakar dan stackholder, pemerintah setempat menemukan berbagai solusi alternatif untuk mengolah air baku di Lingga..... (selengkapnya ...)


2017-04-17

Acara Peluncuran Kawasan Ekoriparian Ciliwung Srengseng Sawah Jakarta Selatan
Kemetrerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Ditjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan menyelenggarakan acara peluncuran kawasan Ekoriparian Ciliwung Srengseng Sawah, Pada hari Sabtu Tanggal 15 April 2017 di lapangan Volley, RT. 08, RW. 01, Kelurahan Srengseng Sawah, Jakarta Selatan..... (selengkapnya ...)


2017-04-15

Lestarikan Ekoriparian Ciliwung Srengseng Sawah Untuk Pemulihan DAS Ciliwung
Sebagai upaya pelestarian dan perbaikan kualitas air Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama-sama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPERA), Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Pemerintah Kota Jakarta Selatan, dunia usaha dan komunitas masyarakat, membangun Ekoriparian Ciliwung Srengseng Sawah. .... (selengkapnya ...)


2017-01-11

Kunjungan Produsen Sensor Kualitas Air Merk YSI dari Hongkong dan Singapura ke Gedung Geostek, Pusat Teknologi Lingkungan BPPT
Pada hari Selasa, tanggal 10 Januari 2017, Tim Onlimo (Online Monitoring) Kualitas Air Pusat Teknologi Lingkungan BPPT menerima kunjungan tamu dari sebuah vendor sensor kualitas air bernama YSI dari negara Hongkong dan Singapura. K.... (selengkapnya ...)


2016-12-31

KLHK: Perusahaan Wajib Pasang Sensor Kualitas Air
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Karliansyah mengatakan semua perusahaan yang membuang limbahnya ke sungai wajib memasang sensor kualitas air pada 2017..... (selengkapnya ...)


2016-12-22

Pegawai Pusat Teknologi Lingkungan TPSA-BPPT Dilantik Menjadi Sekretaris Jenderal Asosiasi Analis Kebijakan Indonesia (AAKI)
Pada 21 Desember 2016, Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN), Adi Suryanto, melantik pengurus Asosiasi Analis Kebijakan Indonesia (AAKI) masa kerja 2016-2019. Analis Kebijakan Madya Pusat Teknologi Lingkungan TPSA-BPPT, Aflakhur Ridlo, terpilih sebagai Sekretaris Jenderal asosiasi tersebut bersamaan dengan Riyadi Santoso, Analis Kebijakan Madya di Sekretariat Jenderal DPR RI sebagai Ketua Umum..... (selengkapnya ...)


2016-12-21

Kegiatan Teknologi Pertambakan Udang Ramah Lingkungan Menggunakan Chelate Marine
Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama antara Tim Pusat Teknologi Lingkungan – BPPT, Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Serang dan Hinomaru Sangyo CO., LTD dalam rangka pengujian Chelate Marine di pertambakan udang. Penggunaan Chelate Marine bertujuan untuk meningkatkan kualitas air dan untuk purifikasi air limbah pertambakan sehingga dapat mengurangi beban penggantian air yang pada akhirnya akan mengurangi biaya operasional budidaya..... (selengkapnya ...)


2016-12-11

Menjalin Kerjasama Antara Pusat Teknologi Lingkungan Dengan Hiroshima Jepang
Pusat Teknologi Lingkungan (PTL) dalam rangka menyambut Perdagangan Bebas Asia (MEA), telah mempersiapkan diri dengan melakukan kerjasama melalui kunjungan ke Prefektur Hiroshima Jepang. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka memperkuat hasil-hasil inovasi dan sumberdaya manusia yang sangat diperlukan dalam era MEA tersebut..... (selengkapnya ...)


2016-12-10

Kerjasama antara BPPT dengan Pemerintah Prefektur Hiroshima Jepang
Tim BPPT yang terdiri dari Dr. Rudi Nugroho, Dr. Muhammad Hanif, Dr. Ikbal, dan Dr Sri Wahyono dengan dipimpin oleh Deputi Kepala BPPT Bidang TPSA Prof. Wimpie Agoeng Noegroho Aspar, melakukan kunjungan kerja selama 3 hari, 5-7 Desember 2016 ke Prefektur Hiroshima, Jepang dalam rangka melakukan pembicaraan lebih lanjut terkait kerjasama dalam bidang teknologi lingkungan. .... (selengkapnya ...)


2016-12-09

Pertemuan Pembahasan Dokumen FSKEK Pariwisata Banda
Kerjasama antara Pusat Teknologi Lingkungan (PTL) dengan Bappeda Provinsi Maluku dilakukan dengan kerjasama dalam menyusun Dokumen Kelayakan Ekonomi Wilayah Pariwisata Banda, Maluku. Kerjasama yang dilakukan pada Tahun Pertama 2016 ini masih bersifat mengkaji dari sisi kelayakan ekonomi. Sebagai sebuah kawasan yang ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).... (selengkapnya ...)


2016-11-28

Penyusunan Naskah Akademis Pengelolaan Kawasan Lindung di Kota Probolinggo
Kegiatan kajian penyusunan naskah akademik pengelolaan kawasan lindung merupakan kerjasama antara pemerintah Kota Probolinggo melalui Badan Lingkungan Hidup dengan Pusat Teknologi Lingkungan BPPT. Kawasan lindung yang dimaksud disini meliputi 4 kawasan yaitu Kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH), Sempadan Sungai, Sempadan Pantai/Pesisir (Mangrove), dan Sempadan Mata Air. .... (selengkapnya ...)


2016-11-28

Sosialiasi AMDAL Nikel PT. Sulawesi Cahaya Mineral di Routa Sulawesi Tenggara
Konsultasi publik dilakukan pada hari Minggu tanggal Enam bulan Nopember tahun Dua Ribu Enam Belas, bertempat di Balai Kelurahan Routa, Kecamatan Routa Kabupaten Konawe. Kawasan yang akan di tambang seluas 21.000 Ha di Kec. Routa Konawe. Inti dari pertemuan tersebut bahwa semangat transparansi dan komunikasi dengan warga akan terus dilaksanakan oleh PT..... (selengkapnya ...)


2016-11-17

BPPT Dorong Mitigasi Emisi Sektor Industri
Jakarta - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mendorong mitigasi emisi gas rumah kaca (GRK) di sektor industri. Hal ini seiring dengan komitmen Indonesia menurunkan emisi karbon 29 persen hingga tahun 2030..... (selengkapnya ...)


2016-11-09

Teknologi Photocatalyst Untuk Membersihkan Air Tercemar Zat Organik
Debu dan partikel pengotor yang ada diudara merupakan masalah tersendiri yang dapat mengotori panel sel surya atau dinding kaca pada gedung-gedung bertingkat. Partikel tersebut menempel dan mengotori permukaan kaca dapat mengurangi intensitas cahaya sehingga efisiensinya .... (selengkapnya ...)


2016-11-09

Workshop Waste Management In Six Fast Growing Cities In Indonesia
Workshop tentang Waste Management ini dilaksanakan oleh Ekonid dan AHK. Workshop bertujuan untuk men-sharing-kan informasi tentang pengelolaan persampahan di enam kota yang dianggap memiliki pertumbuhan kota yang cepat yaitu: Bandar Lampung, Banjarmasin, Manado, Tasikmalaya, Samarinda dan Surakarta. .... (selengkapnya ...)


2016-11-08

Teknologi Pengendalian Pencemaran Lingkungan
Workshop tentang Waste Management ini dilaksanakan oleh Ekonid dan AHK. Workshop bertujuan untuk men-sharing-kan informasi tentang pengelolaan persampahan di enam kota yang dianggap memiliki pertumbuhan kota yang cepat yaitu: Bandar Lampung, Banjarmasin, Manado, Tasikmalaya, Samarinda dan Surakarta. .... (selengkapnya ...)


2016-11-01

Sosialisasi Teknologi Lingkungan Pada Masyarakat Sekolah di PTL BPPT
Tanggal 1 November 2016, dalam rangka mengisi acara pada kunjungan kerja dari Dosen dan Mahasiswa sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (SETIKes Kharisma Persada) ke Pusat Teknologi Lingkungan BPPT, maka telah dilakukan dialog seputar peran Pusat Teknologi Lingkungan dalam menjawab kebutuhan masyarakat. Dialog tersebut dipimpin oleh Ir. Petrus Nugro Rahardjo.... (selengkapnya ...)


2016-10-16

BPPT Monitoring Alat Air Siap Minum di Rusunawa UTS
Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) diwakili Ir. Wahyu Widayat, M.Si dan Imam Setiadi, S.Kom, kembali melakukan kunjungan ke Rumah Susun Mahasiswa (Rusunawa) Universitas Teknologi Sumbawa (UTS). Terkait peninjauan hasil pemberian alat air siap minum (arsinum) oleh BPPT pada bulan April 2016 lalu dan perencanaan alat arsinum SMK Al-Khafi.Sebagaimana disampaikan Humas UTS, Nurnaningsih, kunjungan tim BPPT dari 11 – 14 Oktober 2016 lalu, melaksanakan beberapa kegiatan selama di Sumbawa. Diantaranya menyempurnakan sistem proses arsinum dengan pemasangan pipe u reduksi getaran, monitoring pengelolaan arsinum, ... .... (selengkapnya ...)


2016-09-07

Jakpro dan BPPT Sinergi dalam Kajian Teknologi
PT Jakarta Propertindo (JakPro) dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bersinergi dalam rangka kerjasama bidang pengkajian dan penerapan teknologi. Kerjasama ini merupakan tindaklanjut dari penugasan Pemprov DKI Jakarta kepada Jakpro sebagai salah satu BUMD DKI untuk melakukan pengkajian dan penerapan teknologi dalam mendukung perkotaan DKI Jakarta.... (selengkapnya ...)


2015-05-02

Penghargaan Inovator oleh MenRistekDikti dalam Rangka Hardiknas 2015
Pada hari Sabtu (2/5) yang lalu, Kementerian Ristek Dikti memperingati hari Pendidikan Nasional bertempat di Lapangan Upacara Lt.3 Gedung II BPPT, Jl. M.H. Thamrin Jakarta. Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2015 ini mengambil tema “Dengan Hari Pendidikan Nasional, Kita Tingkatkan Mutu Pendidikan Tinggi, Riset dan Inovasi untuk Mendukung Daya Saing Bangsa", .... (selengkapnya ...)


2015-04-22

Kepala Bppt Meresmikan Ipal Dan Arsinum Gedung Geostek Serpong
Rabu 22 April 2015, Kepala BPPT, Dr. Unggul Priyanto berkunjung ke gedung Geostech Puspiptek Serpong dalam rangka menghadiri sekaligus membuka Seminar Nasional "Pengelolaan Sumber Daya Air Untuk Kelestarian Bumi Indonesia" yang diselenggarakan oleh kedeputian Teknologi Pengembangan Sumber Daya Alam (TPSA - BPPT)..... (selengkapnya ...)


2015-02-26

Sosialisasi Penerapan Sistem Online Monitoring Kualitas Air di Sungai Ciliwung
Pada tanggal 26 Februari 2015, Tim Online Monitoring BPPT mengadakan acara sosialisasi dan diskusi mengenai rencana penerapan produk sitem Online Monitoring (Onlimo) khususnya untuk Sungai Ciliwung segmen 5 dan 6. Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan instansi-instansi yang terkait dengan kebijakan lingkungan di Jakarta diantaranya KLHK, Pusarpedal, BBWSCC, .... (selengkapnya ...)


2014-12-15

Arsinum, Teknologi Pengubah Air Banjir Jadi Air Minum
Badan Penerapan Pengkajian Teknologi (BPPT) memperkenalkan alat yang bisa mengubah air banjir menjadi air minum. Menurut Imam Setiyadi, salah satu perekayasa, alat yang bernama Ultrafiltrasi dan Arsenum ini dapat melakukan penyaringan mikrobakteri yang terdapat pada air kotor sehingga air yang dihasilkan bersih dan aman untuk dikonsumsi..... (selengkapnya ...)


2014-12-15

Inovasi Teknologi Wujudkan Lingkungan Kerja Hemat Energi dan Air
JAKARTA (Pos Sore) — Badan Penerapan Pengkajian Teknologi (BPPT) menggelar pameran’Inovasi Teknologi Untuk Menciptakan Lingkungan Kerja yang Hemat Energi dan Air’. Pameran ini sebagai bentuk pertanggungjawaban lembaga itu yang dipercaya pemerintah untuk menyediakan teknologi dalam pencanangan program (GNIB) sejak tahun 2011..... (selengkapnya ...)


2014-11-21

BE Selenggarakan Acara Temu Bisnis Onlimo
Untuk memasyarakatkan hasil-hasil penelitian dan produk BPPT, pada hari Kamis, tanggal 20 November 2014 BPPT Enjiniring (BE) mengadakan acara temu bisnis dengan topik pengenalan produk teknologi online monitoring (Onlimo) kualitas air. Acara tersebut menghadirkan dua narasumber yakni Bapak Herry Hamdani selaku Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran Industri Logam, .... (selengkapnya ...)


2013-05-02

Memonitoring Kualitas Air Dengan Aplikasi Open Source
Pernahkah terpikirkan seberapa bersih air untuk minum. Terkadang wujud air yang bening tidak berarti air tersebut bersih. Untuk memonitor kualitas baku mutu air, kini ada teknologi dalam bentuk aplikasi yang terkoneksi dengan internet yang disebut Onlimo-OSS (online monitoring open source software). .... (selengkapnya ...)


2013-05-01

Mengolah Air Bersih Untuk Lingkungan
Pada saat terjadinya suatu bencana, ketersediaan air menjadi sesuatu yang sangat krusial. Kebutuhan akan air bersih untuk keperluan sehari-hari seperti minum, mandi, memasak, mencuci dan sebagainya sangat sulit dipenuhi ditengah-tengah keadaan bencana misalnya banjir. Dalam kondisi bencana, kebutuhan air bersih masyarakat Jakarta contohnya, .... (selengkapnya ...)


2013-01-20

Bakti Sosial PTL untuk Korban Banjir Jakarta
Banjir yang melanda ibukota Jakarta dari mulai kamis 17 Januari sampai saat ini tergolong cukup parah. Banjir ini merupakan banjir periode 5 tahunan dimana banjir parah sebelumnya terjadi di tahun 2007. Saat masyarakat terkena banjir, akses air bersih mereka terputus, PDAM tidak mengalir, sumur dangkal tercemar air banjir dan truk tangki dari PAM pun tidak menjangkau masyarakat pemukiman yang terkena banjir..... (selengkapnya ...)


2012-10-10

Pemkab dan BPPT Bangun Pengolahan Air Payau
Pandeglang - Pemkab Pandeglang bekerjasama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) membuat pengolahan air payau menjadi air bersih di dua wilayah di Pandeglang. Kedua lokasi itu di pesantren Malnu dan pesantren Assyifa. Air yang berasal dari bawah tanah ini, setelah di olah bisa langsung dikonsumsi oleh masyarakat. .... (selengkapnya ...)


2012-10-03

Pemkot Depok Miliki Mesin Pengolah Air Bersih Modern
DEPOK (LJ) - Kurangnya ketersediaan air bersih yang kerap menjadi momok dalam berbagai peristiwa bencana alam pada wilayah yang terkena banjir di Kota Depok. Hal itu kini dapat diatasi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dengan adanya mesin pengolah air bersih yang Cepat, Efisien dan Efektif dan modern..... (selengkapnya ...)


2012-09-26

PTL Kembangkan Onlimo Berbasis Mainboard PC Sebagai Data Logger dan OSS
Pemantauan kualitas air secara kontinyu membutuhkan data logger yang terhubung dengan sensor untuk pengambilan datanya. Data logger dapat dikembangkan dengan memanfaatkan mainboard PC bekas yang masih berfungsi sebagai data logger. Dengan mengembangkan software online monitoring kualitas air berbasis OSS, .... (selengkapnya ...)


2012-09-12

Biofiltrasi, Manfaatkan Mikroba untuk Pengolahan Air
JAKARTA, KOMPAS.com - Air bersih di perkotaan semakin sulit tersedia karena tingginya pencemaran. Pengolahan air sederhana kadang tidak mampu mengolah air sungai atau dari sumber lain menjadi air bersih. Pusat Teknologi Lingkungan, BPPT menerapkan dan mengembangkan teknologi biofiltrasi dan ultrafiltrasi untuk mengatasi permasalahan tersebut. .... (selengkapnya ...)


2012-09-07

Aliran Air Seret, Palyja Gunakan Pengolahan Air Taman Kota
JAKARTA--MICOM: PT Pam Lyonnaise Jaya (Palyja) sebagai salah satu operator air minum di Jakarta mengaktifkan kembali Instalansi Pengolahan Air (IPA) Taman Kota Latumenten untuk mengatasi kekeringan air yang melanda ibu kota. Operasional IPA Taman Kota sempat dihentikan sejak tahun 2007. .... (selengkapnya ...)


2012-08-06

Hutan di Jawa sudah Parah Akibatkan Kerap Kekeringan
JAKARTA--MICOM: Memasuki musim kemarau identik dengan kekeringan yang cukup esktrem. Bahkan banyak tanaman padi puso karena tidak mendapat air cukup. Sungai pun berkurang cukup drastis. Menurut pakar teknologi air dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Nusa Idaman Said di Jakarta, .... (selengkapnya ...)


2010-11-11

Pencemaran Sungai Kapuas Dipantau Lewat SMS
Jakarta - Upaya pengendalian pencemaran lingkungan dapat dilakukan dengan cara unik sekaligus efektif. Seperti yang terjadi di sungai Kapuas, Kalimantan Barat, sejumlah pihak berkolaborasi demi membangun sistem pemantauan pencemaran sungai yang bisa diakses via SMS..... (selengkapnya ...)


2010-10-01

Onlimo, Deteksi Pencemaran dan Banjir Secara Online
Pernah mendengar informasi ikan-ikan mati akibat pencemaran air? Bukan hanya ikan, masyarakat yang hidup di dekat air yang tercemar berbagai bahan organik dan anorganik juga bisa membahayakan mereka. Setiap orang menginginkan lingkungan yang bersih. .... (selengkapnya ...)


2010-08-01

Menabung Air di Rumah
Sudah 15 tahun keluarga Ir. Fatchy Muhammad tak lagi berlangganan air dari perusahaan air minum (PAM). Padahal setiap hari keuarganya butuh 200 liter air untuk kebutuhan sehari-hari. Fatchy juga perlu 72.000 liter air per bulan untuk mengisi kolam renang ukuran 6m x 4m x 1.5m di samping rumah. .... (selengkapnya ...)


2010-07-14

Pengolahan Air Limbah Biofilter Anaerob-Aerob Dengan Media Plastik Sarang Tawon
Masalah pencemaran oleh air limbah di Indonesia baik limbah domestik maupun air limbah industri sampai saat ini masih menjadi masalah yang serius. Air limbah kota-kota besar di Indonesia khususnya Jakarta secara garis besar dapat dibagi menjadi tiga yaitu air limbah industri dan air limbah .... (selengkapnya ...)


2010-06-30

Mengolah Air Dengan Kombinasi Filtrasi
Air layak minum harus memenuhi persyaratan fisis, kimiawi, dan bakteriologis. Air bersih adalah salah satu kebutuhan pokok manusia. Kebutuhan ini semakin berkembang setiap saat, namun pasokan air bersih semakin menurun akibat berbagai faktor. Salah satunya karena pencemaran lingkungan. .... (selengkapnya ...)


2010-06-18

Masyarakat Sambut Program Air Bersih KPC
Krisis air bersih dan air minum yang selama ini selalu dikeluhkan sebagian besar warga masyarakat di Sangatta, Bengalon dan Rantau Pulung, kini mulai teratasi. Selain karena rampungnya pembangunan intake baru milik PDAM di daerah Kabo untuk warga Sangatta, .... (selengkapnya ...)


2010-06-10

Konservasi Air Tanah Dengan Sumur Resapan
Dengan semakin meningkatnya pemanfaatan air tanah yang berlebihan telah mengakibatkan terjadinya penurunan muka air tanah dan menyebabkan terjadinya instrusi air lauut dan penurunan tanah. Salah satu upaya untuk melestarikan air tanah adalah dengan membuat sumur resapan yang berfungsi sebagai tempat untuk menampung .... (selengkapnya ...)


2010-06-08

Air Siap Minum Dari Air Laut Dengan Teknologi Proses Osmosis Balik
Salah satu alternatif penyediaan air minum di daerah pesisir dan pulau-pulau kecil berpenduduk, serta para nelayan yang masih belum terjangkau oleh pelayanan air minum dari PAM adalah mengolah air asin menjadi air minum dengan proses osmosis balik (reserve osmosis). Prosesnya terdiri dari dua tahap yakni pengolahan awal yang terdiri dari penghilangan zat besi .... (selengkapnya ...)


2010-06-05

Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Penyediaan Air Bersih Untuk Kabupaten/Kota di Indonesia
Sampai tahun 2004 Pemerintah telah membangun dan meningkatkan pelayanan sistem penyediaan air minum, namun tingkat pelayanan yang telah dicapai baru sebesar 41 persen di perkotaan dan 8 persen di perdesaan. Penyediaan air minum di Indonesia masih menghadapi kendala yang sangat kompleks, .... (selengkapnya ...)


2010-06-02

Mari Ramai-Ramai Mencuci Air!
Air bersih menjadi barang langka dan mahal. Sejumlah ahli dan perusahaan mengembangkan IPAL. Setelah diolah, air sungai yang keruh dan air bah dapat langsung diminum. Para santri Pondok Pesantren (Ponpes) Sukahideung, Desa Sukarapih, Kecamatan Sukarame, Tasikmalaya, .... (selengkapnya ...)


2010-06-01

IPA Singa Geweh Penuhi Kebutuhan Air Warga
Kekurangan air bersih yang melanda hampir sebagian besar warga Desa Singa Geweh, Kecamatan Sangatta Selatan, mulai teratasi. Sebuah solusi berupa Instalasi Pengolahan Air (IPA) berkapasitas 5 m3 per hari untuk air minum dan 120 m3 per hari untuk air bersih, .... (selengkapnya ...)


2010-05-12

Mari Ramai-ramai Mencuci Air
Air bersih menjadi barang langka dan mahal. Sejumlah ahli dan perusahaan mengembangkan beragam IPAL. Setelah diolah, air sungai yang keruh dan air bah dapat langsung diminum. .... (selengkapnya ...)


2010-05-12

Mari Ramai-ramai Mencuci Air!
Air bersih menjadi barang langka dan mahal. Sejumlah ahli dan perusahaan mengembangkan beragam IPAL. Setelah diolah, air sungai yang keruh dan air bah dapat langsung diminum..... (selengkapnya ...)